Sumber: Pexels.com/MarkMcCammon

7 Cara Menata Peralatan Dapur agar Terlihat Rapi dan Minimalis

Posted on

Dapur merupakan ruangan penting di rumah yang berfungsi sebagai tempat mempersiapkan kebutuhan primer dari manusia, yaitu pangan. Supaya aktivitas di dapur menjadi lebih nyaman, sudah seharusnya kita menatanya sedemikian rupa.

Dapur yang memiliki kesan berantakan tentu saja bisa membuat siapa pun merasa tidak nyaman. Pada saat ini, banyak orang yang menginginkan tata letak dapur yang minimalis dan rapi sehingga untuk orang lain ataupun anggota keluarga yang beraktivitas juga dapat merasa nyaman.

Untuk itu, setiap orang perlu mengatur dan menata peralatan yang ada di dalam dapur sehingga dapat terlihat rapi untuk kegiatan memasak yang lebih menyenangkan dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatur dapur agar terlihat lebih rapi.

1.    Susun Peralatan Dapur Berdasar Kategori

Di dapur, pasti akan ada banyak sekali jenis peralatannya termasuk dengan bahan makanan dan bumbu dapur. Agar terlihat rapi, pertama-tama perlu untuk dikategorikan setiap peralatan berdasarkan jenis dan fungsinya.

Kategori umum untuk peralatan di dapur adalah alat masak, alat makan, bumbu dapur, dan alat kebersihan. Dari setiap kategori tersebut juga memiliki jenisnya masing-masing yang sebaiknya diletakkan pada satu tempat. Khususnya untuk alat makan dan bumbu dapur yang biasanya sangat beragam. Jadi, sebaiknya persiapkan wadah atau lokasi penyimpanan khusus.

Lokasi penyimpanan setiap peralatan juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan fungsinya. Contohnya, untuk alat kebersihan bisa diletakkan agak jauh dari alat dapur dan area memasak. Sementara itu, untuk bumbu dapur lebih baik untuk diletakkan berdekatan dengan alat masak agar kegiatan memasak lebih efisien.

2.    Simpan Bumbu Dapur dan Bahan Makanan di Dalam Wadah

Sumber: Pexels.com/pixabay

 

Gunakan wadah penyimpanan yang seragam untuk bahan makanan dan bumbu dapur. Hal itu akan lebih memudahkan dalam mengatur dan mengategorikan bahan-bahan tersebut. Tidak hanya memudahkan dalam menyusunnya, menggunakan wadah tentu saja akan membuat dapur terlihat rapi dan higienis. Jadi, bahan makanan dan bumbu dapur yang diletakkan dalam wadah pun akan terjaga kualitasnya.

Pemilihan wadah juga perlu diperhatikan untuk memudahkan penyusunannya. Pilihlah wadah dengan bentuk minimalis sehingga akan menghemat ruang di dapur dan juga lebih mudah dalam mengaturnya.

3.    Memperbanyak Laci dan Lemari

Hal ini dimaksudkan agar dapur memiliki lebih banyak tempat penyimpanan dan memudahkan penataan alat dapur. Khususnya untuk alat makan dapat disimpan di dalam laci, sementara untuk alat berukuran besar yang jarang digunakan dapat disimpan di dalam lemari.

Menyimpan alat makan di laci lebih efisien dibandingkan dengan menyusunnya di rak ataupun di wadah. Dengan menggunakan laci, akan lebih mudah untuk menyusun alat makan berdasar jenisnya dan tidak perlu banyak wadah atau rak untuk menyimpan seluruh alat makan yang digunakan.

4.    Memanfaatkan Rak Tambahan Lemari

Menyusun peralatan di dalam lemari penyimpanan terkadang cukup merepotkan dan terkesan berantakan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, manfaatkanlah rak tambahan yang bisa dipasang dalam lemari.

Rak tersebut akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan tambahan dan dapat menghemat ruang dalam lemari. Menggunakan rak dalam lemari pun akan membuat dapur lebih rapi dan minimalis karena setiap rak tidak langsung terlihat dari luar.

5.    Menggunakan Dinding Sebagai Tempat Penyimpanan

Di antara beberapa peralatan memasak atau peralatan lainnya pasti ada beberapa alat yang sering digunakan. Terkadang menyimpan alat tersebut di lemari atau laci cukup merepotkan untuk mengambil dan menyusunnya kembali.

Untuk itu, lebih baik dengan memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan dengan cara menggantung peralatan yang sering digunakan. Disarankan juga untuk tidak perlu menggantung terlalu banyak sehingga dinding dapur juga tidak terlihat terlalu penuh.

Agar terlihat lebih rapi, sediakan gantungan yang dapat dibongkar pasang atau bisa juga untuk membuat gantungan sendiri. Hindari untuk menggunakan paku sebagai gantungan karena itu malah akan membuat dapur menjadi terlihat tidak rapi.

6.    Sediakan Rak Khusus Pembuangan Sampah

Tempat sampah yang terlihat penuh berada di pojok dapur. Pemandangan tersebut tentu akan membuat kesan dapur menjadi kurang bersih dan berantakan. Hal tersebut lebih baik dihindari dengan cara membuat rak khusus tempat sampah. Jadi, tempat sampah tersebut tidak akan mengganggu pemandangan di dapur dan juga aroma dari tempat sampah juga tidak menyebar ke penjuru dapur.

Akan lebih baik juga untuk menyediakan tempat sampah yang berukuran sedang. Hal itu agar menghindari sampah menumpuk terlalu cepat, tetapi juga tidak menumpuk terlalu lama sehingga menyebarkan aroma tidak enak.

7.    Gunakan Alat Masak Minimalis

Keberadaan alat masak di dapur tentu saja merupakan hal yang wajib. Namun, beberapa alat masak terkadang dapat terlihat menonjol dan terasa tidak sesuai keberadaannya untuk berada di sana.

Hal itu bisa saja disebabkan pemilihan alat masak yang ukurannya terlalu besar ataupun desainnya yang tidak sesuai dengan konsep minimalis. Akan lebih baik untuk memilih peralatan masak yang lebih menghemat tempat.

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan kompor dan oven listrik daripada yang menggunakan gas. Tidak hanya untuk menghemat ruang, penggunaan peralatan masak yang menggunakan listrik untuk ukuran dapur keluarga justru lebih menghemat biaya operasional.

 

Demikianlah beberapa cara untuk mengatur dapur agar terlihat lebih rapi dan minimalis. Menjaga dan mengatur dapur harus dilakukan agar kegiatan memasak dapat dilakukan dengan lebih nyaman dan aman. Selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.